Wednesday, June 9, 2010

Suka Pake Hitam?


Ada satu kejadian yang agak memalukan antara diriku dengan wanita berburqah. Waktu itu aku pergi ke bengkel untuk memperbaiki sistem perlampuan yang agak error. Di bengkel itu ternyata ada suami-istri yang sedang menunggui motornya diservis. Tapi waktu itu aku belum nyadar kalo di situ ada suami-istri. Karena yang kelihatan cuma si suami yang sedang ngobrol sama montirnya. Habis turun dari motor aku ngomong sama montirnya kalo mau benerin lampu. Posisiku waktu itu di dekat kursi-kursi tunggu (karena ini bengkel kecil jadi tempat tunggunya cuma disediain kursi-kursi plastik kayak di warung bakso). Aku gak nyadar kalo di situ ada orangnya yaitu si mbak yang pake burqah. Karena, pertama, burqah yang dipake si mbak warnanya biru tua(warna gelap lah). Kedua, si mbak nggak gerak sama sekali. Jadi aku kirain yang ada di kursi itu cuman jaket ato barang bawaan pelanggan. Pas udah deket banget (hampir nginjak kaki si mbak burqah) baru si mbaknya gerakin tangan kalo di situ ada orang. Kaget lah diriku..(untung gak sampe loncat sambil jumpalitan plus ngeluarin jurus bangau terbang).

Aku kadang bertanya-tanya kenapa mbak-mbak ini kalo make burqah sukanya yang warna gelap? Hitam, biru tua, ijo tua, dll. Ada juga sih yang agak terang, waran krem. Aku mikirnya apa nggak panas siang2 pake hitam? Kenapa nggak coba pake warna kuning, ijo muda, ato pink?
Tapi bukan cuma orang yang make burqah warna gelap di siang bolong yang bikin kita bertanya-tanya. Kadang kalo liat orang pake kaos hitam, celana hitam, jaket hitam, kacamata hitam siang hari kita juga mikir apa orang ini nggak salah kostum? Apa nggak kepanasan?

Jawabannya ada di hasil penelitian dari Cataluna University di Barcelona. Menurut penelitian ini warna baju yang gelap dapat menlindungi kulit kita dari efek buruk sinar UV. “Warna kain rupanya berperan penting menentukan seberapa bagus perlindungan yang diberikan dalam melawan radiasi sinar UV,” kata Ascension Riva, ketua penelitian tersebut.
Ketika Riva menguji tiga kain katun yang masing-masing dicelup dengan pewarna biru gelap, merah dan kuning, ia menemukan bahwa warna gelap atau pekat memberikan perlindungan yang paling baik dari sinar matahari. “Warna biru gelap paling tinggi tingkat penyerapannya, sementara warna kuning pucat paling rendah,” kata Riva.


Jadi, suka pake hitam? ...


















sumber : Reader's Digest Indonesia April 2010

No comments:

Post a Comment