Saturday, April 17, 2010

Tips menurunkan berat badan.

Memiliki berat badan lebih dari rata-rata, atau biasa dibilang gemuk, tidak akan menghilangkan kecantikan maupun kegagahan seseorang. Namun jika anda sudah mengalami gejala obesitas saya sarankan kepada anda untuk mulai waspada. Karena obesitas merupakan gerbang masuk dari penyakit-penyakit kronis, seperti gagal jantung, diabetes, kelumpuhan, dan lain sebagainya yang tidak mampu saya pikirkan. 

Kelebihan berat badan atau obesitas, beberapa tahun belakangan menjadi perhatian ahli gizi di berbagai belahan dunia. Bagi mereka fenomena ini menunjukkan hampir semua orang sudah jauh dari kebiasaan hidup sehat.

Berikut tips-tips yang disarankan oleh para ahli gizi agar memiliki berat badan ideal bukan hanya impian.

•    Mengganti makanan. Jika anda senang mengkonsumsi daging beralihlah pada daging ikan, salmon misalnya. Meskipun daging dengan salmon nilai kalorinya hampir sama, tapi banyak penelitian membuktikan mereka yang makan salmon atau ikan lebih sering akan lebih mudah menurunkan berat badan. Kurangi makanan yang tergolong junk food dan perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. 

•    Jangan mau digoda oleh makanan manis. Percayalah makanan manis hanya akan membuat kita mengunyah kalori tinggi, lagi dan lagi. Itu mengapa berhentilah menoleh ke makanan-makanan manis. 

•    Ubah selera Anda terhadap minuman dan tetaplah terhidrasi. Jangan selalu melimpahkan kesehatan kita pada orang lain, terutama produsen minuman yang mencantumkan label diet pada produknya. Karena minuman soda diet-pun tetap memiliki nilai kalori yang tinggi. Mulailah untuk menyukai air putih atau teh hijau. Air akan membantu kita kenyang lebih banyak. Disamping itu, air adalah “pelumas” metabolisme tubuh kita. Sedangkan teh hijau kaya akan antioksidan yang membantu kulit kita tetap awet muda.
•    Komitmen untuk pola makan sehat. Kesuksesan menurunkan berat badan, bukan sekadar mengganti makanan tapi berkomitmen pada diri sendiri untuk memilih makanan sehat di manapun kita berada. Jika kantin kantor kurang mendukung dengan niat kita, cobalah untuk membawa makanan dari rumah. 

•    Mulailah berolahraga teratur. Olahraga bisa membuat kita bugar tapi tak menjamin kita terlepas dari tumpukan lemak, jika pola makan kita masih amburadul. Melakukan olahraga teratur adalah untuk membuat kita fokus dan terus termotivasi melakukan pola hidup sehat. Tidak perlu olahraga terlalu berat, cukup olahraga ringan minimal 30 menit setiap hari. Pilihannya bisa bermacam-macam, mulai dari olahraga jalan, jogging, atau dengan bantuan hula hoop.

•    Ingat porsi aman untuk perut kita. Jadikan kepalan tangan kita sebagai panduan ukuran yang aman bagi perut kita. Jika dalam waktu jeda antar jam makan anda sudah merasa lapar, selingi dengan konsumsi buah-buahan. Diet bukan semata-mata membuat diri kelaparan tapi bagaimana memilih makanan yang aman bagi berat badan. Hampir setiap makanan memiliki versi amannya, yaitu yang rendah lemak dan kalori. 

Jadi mulailah memilih makanan dengan benar.


referensi : prevention indonesia.com

No comments:

Post a Comment